Paralegal sebagai Penegak Hukum Mandatory Undang-Undang Bankum Nomor 16 Tahun 2011 Berikut Turunannya

Denpasar (Varia Advokat), 17 Februari 2022 – Diklat Paralegal Angkatan Kedua Gelombang 4 digelar FH Universitas Warmadewa bekerjasama dengan Posbakumadin berjalan sangat baik. Berlangsung tepat waktu dan benar-benar interaktif.

Dimulai pemateri pertama dari BPHN (Badan Pembinaan Hukum Nasional) Ibu Bernita, SH, MH dengan materinya keparalegalan yang langsung dilanjutkan dengan dialog interaktif bersama peserta diklat paralegal yang merupakan mahasiswa Fakuktas Hukum Universitas Warmadewa Bali.

Bahkan saat selesai penyampaian materi, sontak ada beberapa peserta menanyakan langsung batasan-batasan dan ruang lingkup peran paralegal ini. Hal tersebut mengingat bagaimanapun juga paralegal yang nantinya akan bersentuhan dan berhadapan langsung dengan semua lapisan masyarakat awam tentang hukum.

Terlihat sekali perbedaan antara awal sebelum materi disampaikan dan setelahnya. Pasca penyampaian materi terkait keparalegalan, peserta diklat tampak semakin jelas arah, tujuan dan motivasinya menjadi seorang paralegal yang siap berperan sebagai penegak hukum mandatory Undang-Undang Bankum Nomor 16 Tahun 2011 berikut turunannya.

Untuk pemateri kedua masih dari BPHN yakni Bapak Edi, SH dengan materi Pengantar Hukum dan Demokrasi. Semua peserta yang diawal telah memahami perannya sebagai Paralegal, kemudian memahami pula fungsi dan peran masing-masing lembaga tinggi yang ada di Indonesia. Dialog interaktif antara pemateri dan peserta diklat berjalan begitu antusias dan penuh semangat.

Panitia diklat paralegal, yakni Posbakumadin (Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia) sebagai lembaga konsentrasi Peradin (Perkumpulan Advokat Indonesia), sangat bangga mampu menyelenggarakan agenda seperti ini.

Sebagai perwujudan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), panitia secara tidak langsung turut memenuhi amanah UUD 1945 yaitu “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” tanpa ada halangan. Meskipun dalam suasana pandemi yang belum usai, panitia tidak patah semangat dan tetap merdeka melalui pembelajaran online.

Harapannya, semua peserta diklat paralegal awal tahun 2022 ini meraih kesuksesan sesuai tujuan pelaksanaan diklat. Di samping itu, mereka nantinya dapat menjadi generasi penegak hukum di negeri Indonesia yang kita cintai ini.

Semangat tak pernah padam, itulah cara membuat hidup makin bermakna. Tetap optimis dan tetap berkarya agar hidup bermanfaat. Salam Posbakumadin “Anti Pembodohan dan Pembohongan Hukum”. (VA-ECS)

Berikut tayangan video jalannya diklat yang dilakukan menggunakan zoom:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *