PERADIN Konsisten Membangun Advokat Profesional

Makassar (Varia Advokat), 23 September 2022 – Sejak Awal terbentuknya PERADIN, hingga sekarang tetap berkomitmen membangun profesionalitas para Advokat. Hal ini dibuktikan pada saat Perkumpulan Advokat Indonesia (PERADIN) melantik Advokat di Gedung Pengadilan Tinggi Makassar di Sulawesi Selatan, Jum’at 23 September 2022 pukul 09.00 WITA. sebelum di ambil sumpah janji oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Makassar harus dilantik terlebih dahulu oleh Organisasi Advokat.

Dalam sambutannya, anggota PERADIN yang baru dilantik supaya menjadi Advokat profesional jangan jadi Advokat Sontoloyo alias Abal-abal/Kaleng-kaleng, (mengulang dan mengutip kata dari Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, SH.MH), Ujung tombak mafia peradilan dulu sampai sekarang bukan Hakim, bukan juga pegawai Pengadilan Negeri, tapi adalah dari advokat itu sendiri, buktinya coba kita perhatikan setiap ada penangkapan OTT yang berhubungan dengan pengadilan pasti ada Advokatnya.

Ketua Umum DPP PERADIN Advokat Ropaun Rambe merasa miris dan merasa sangat sakit. jeleknya dunia peradilan ini jelek pula kita sebagai pelayan masyarakat. maka dari itu saya tekankan kepada saudara-saudari yang baru di lantik agar perbuatan-perbuatan yang tercela itu dihindarkan. Saudara saudari mengucapkan ikrar PERADIN diatas sumpah dengan memegang kitab suci sesuai keyakinannya, bukan di tempatkan di atas kepala tapi di jantung berdetak, berdenyut seiring mengucap ikrar dan diamalkan dalam menjalankan profesi Advokat, tutupnya.

Advokat Abd Rahman, SH.MH menuturkan bahwa Program Studi Advokat (PRODI-PA) akan segera di laksanakan, jadi dalam pelantikan dan penyumpahan angkatan ini kemungkinan pelaksanaan terakhir dalam kurikulum Pendidikan Profesi Advokat (DIKPA). karena kedepan pelaksanaan pendidikan profesi advokat yang dapat melaksanakan adalah universitas-universitas / perguruan tinggi yang terakreditasi dan terdapat Program Studi Advokat (PRODI-PA) Nya. Untuk ijazah yang akan di dapat adalah dengan gelar Advokat dan dilanjutkan permohonan penyumpahan oleh Organisasi Advokat kepada Pengadilan Tinggi di wilayah domisi hukumnya. PERADIN adalah Pelopor PRODI-PA Tutur Ketua DPW PERADIN Sulawesi Selatan.

Pengambilan Sumpah dan Janji Advokat di laksanakan Pukul 14.00 WITA di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Makassar Jl. Urip Sumiharjo Km 4 Makassar, Pengambilan Sumpah di pimpin langsung oleh Yang Mulia Pengadilan Tinggi Makasar Bapak Dr. H. Syahrial Sidik, SH.MH dan di dampingi para Saksi-Saksi dan Rohaniawan.

Sekretaris DPW PERADIN Sulawesi Selatan Advokat Muh Safri Tunru, SHI mengucapkan terimakasih kepada Yang Mulia Ketua Pengadilan Tinggi Makassar dan Pengurus telah terlaksananya Pengambilan Sumpah atau Janji Advokat dari Organisasi Advokat PERADIN.

Berdasarkan arahan Ketua Umum, kami DPW PERADIN Sulawesi Selatan siap membentuk dan membuka Cabang POSBAKUMADIN, BANKUM GERADIN dan BANKUM PAWIN di Kabupaten dan Kota wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Makassar. Dalam pelaksanaan hadir juga Advokat Rachmat S Lulung, SH selaku ketua POSBAKUMADIN Sidenreng Rappang. (MIA)

Untuk selengkapnya PELANTIKAN ADVOKAT ANGGOTA PERADIN SULAWESI SELATAN Simak pada vidio berikut ini : https://youtu.be/eSIwSi2rYl0

 

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *