PAWIN Memenuhi Undangan Kunjungan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Di LPP KELAS II A KEROBOKAN BALI

Badung (Varia Advokat), 28 November 2022 – Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Kerobokan, pada hari ini Senin 28 November 2022, telah berlangsung Kunjungan Kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dalam rangka Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan yg diwujudkan dengan kegiatan Dialog Bersama dengan Tema “Bersatu Akhiri Kekerasan Terhadap Perempuan”.

Dalam sambutannya sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkunham Bali yaitu Bapak Anggiat Napitupulu menyampaikan bahwa saat ini LPP Kerobokan memang sudah over capacity dimana ada 227 WBP, baik yang masih berstatus Tahanan maupun yang sudah putusannya inkracht sehingga menjadi warga binaan di LPP ini, dan diantara 227 WBP tersebut, ada yang bersama bayinya, ada yang masih hamil yang nantinya akan melahirkan disini sampai selesai masa tahanannya dan juga ada WBP yang dari warga negara asing yang juga memerlukan akses keadilan dari konsulat negaranya masing-masing.

Bahkan yang cukup membanggakan bahwa LPP sudah menggandeng Dunia Akademisi yaitu dari Undiknas untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya dengan Sekolah jarak jauh, kesenian dan kerajinan tangan bahkan sudah ada kerjasama dengan Dunia Profesional Advokat yaitu PAWIN yang selalu intens secara terus menerus memberikan pendampingan hukum supaya cukup sekali dan terakhir kalinya semua WBP tinggal di LPP ini yang kita sebut sebagai “Rumah Belajar Agar Lebih Baik Lagi”.

Dilanjut dengan sambutan dari Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia yaitu Ibu Ratna Susianawati. SH.MH. Juga menyampaikan bahwa seyogyanya hari ini adalah Ibu Menteri yang hadir karena tugas Beliau untuk melihat secara langsung keadaan LPP Kelas II Kerobokan ini, namun dikarenakan ada panggilan dari Bapak Presiden tadi pagi Ibu Menteri harus berangkat guna menunaikan tugasnya.

Kami bangga dengan LPP yang sudah bekerja sama dan melibatkan banyakk NGO bahkan dari Dunia Advokat pun (PAWIN) yang bersinergi untuk memberikan pelayanannya demi akses keadilan yang merupakan pemenuhan Hak Perempuan apalagi tadi disampaikan bahwa disini ada yang tinggal bersama anaknya pula, sehingga memerlukan perhatian khusus (lex spesialis) dibandingkan dengan Rutan atau Lapas yang lainnya karena bagaimanapun perempuan harus bangkit dari keterpurukan, tetap berdaya agar anak-anak sehat sehingga membuat Indonesia maju.

Bahkan saat perwakilan WBP menyampaikan apa yang diinginkan dan diperlukan saat ini, sontak Bapak Kadis Sosial menyanggupinya yaitu pengadaan “GONG” apa saja agar dapat dipergunakan oleh WBP demi menciptakan kreasi dan karya terbaik bagi negeri dari pada melamun yang tidak ada artinya. Disela-sela Dialog antara WBP dan Narasumber pun semuanya yang mendengar jawaban “IYA” dari Bapak Kepala Dinas Sosial menyambutnya dengan tepuk tangan riuh nan bahagia.

Setelah Dialog bersama selesai, Ketum PAWIN Advokat Erlin Cahaya Sugiarti SH.MH. mendampingi ibu Deputi menengok langsung ruangan Konseling Hukum Gratis dimana anggota PAWIN bertugas setiap hari Rabu memberikan bantuan hukum Gratis secara Cuma-Cuma untuk WBP LPP dan juga selalu intens memberikan penyuluhan hukum terkait Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, termasuk update Undang-Undang terbaru perjuangan yang panjang dan sudah disahkan bulan Mei 2022 yaitu Undang-Undang No. 12 tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, sehingga WBP dapat mengetahui HAK nya sebagai Perempuan korban yang harus dilindungi dan dijaga kehormatannya.

Hadir dalam Undangan kegiatan hari ini, yaitu Semua Kepala Rutan dan Kepala Lapas Se-Provinsi Bali, Ikatan Pengusaha Muda Indonesia yang tertarik pada hasil produksi rajutan, lukisan dan jahitan buah karya WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokkan-Bali. Kiranya dengan adanya kegiatan hari ini semua masyarakat tahu bahwa sekalipun mereka berada di dalam jeruji besi, namun mereka menyimpan bakat-bakat terpendam, talenta-talenta yang luar biasa, mutiara-mutiara terpendam yang bisa diasah menjadi sebuah karya yang membanggakan.

Demikianlah kegiatan hari ini yang berlangsung cukup meriah dengan suguhan tari-tarian, fashion show, group band persembahan WBP LPP Kelas IIA Kerobokan, yang diakhiri dengan foto bersama dan makan bersama hasil masakan WBP juga. Kiranya apa yang dilakukan hari ini menjadi sebuah momentum bersejarah yang menjadikan LPP Kelas IIA Kerobokan Bali semakin lebih baik lagi dalam rangka Pembinaan bagi WBP untuk menjadikan manusia yang berakhlak mulia dan lebih baik lagi. (ECS)

Salam Juang PAWIN “Stop Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Indonesia” Maju terus dan tetap berkarya untuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *