Seleksi Lembaga Pemberian Layanan dan Bantuan Hukum (YANBANKUM) pada Posbakum Pengadilan Negeri Tangerang untuk Tahun Anggaran 2023 di Ikuti 7 OBH (Organisasi Bantuan Hukum)

Tangerang (Varia Advokat), 16-12-2022 – Implementasi Undang-Undang R.I Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman pada BAB-XI BANTUAN HUKUM ;

Pasal 56 ayat (1) Setiap orang yang tersangkut perkara berhak memperoleh bantuan hukum. ayat (2) Negara menanggung biaya perkara bagi pencari keadilan yang tidak mampu.

Pasal 57 ayat (1) Pada setiap pengadilan negeri dibentuk pos bantuan hukum kepada pencari keadilan yang tidak mampu dalam memperoleh bantuan hukum. ayat (2) Bantuan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (1), diberikan secara cuma-cuma pada semua tingkat peradilan sampai putusan terhadap perkara tersebut telah memperoleh kekuatan hukum tetap. ayat (3) Bantuan hukum dan pos bantuan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangannya.

Melaksanakan amanat Undang Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum, Pengadilan Negeri Tangerang Kelas I-A Khusus menyelenggarakan Seleksi Lembaga Pemberi Layanan dan Bantuan Hukum (YANBANKUM) Pengadilan Negeri Tangerang Tahun Anggaran 2023.

Setelah memasukan dokumen kelengkapan administrasi sebagai Persyaratan Peserta seleksi, sebanyak 7 (Tujuh) Organisasi Bantuan Hukum (OBH) pada hari Jum’at tanggal 16 Desember 2022 memenuhi undangan dari Panitia Seleksi guna mengikuti Fit and Proper Test.

Ketujuh OBH yang mendapat kesempatan untuk mengikuti Fit and Proper Test antara lain:

  1. Yayasan Hukum Sayap Bening.
  2. LBH Matahati.
  3. YLBHPKN.
  4. Perkumpulan Lembaga Bantuan Hukum Langit Biru.
  5. POBAKUMADIN Tangerang Selatan.
  6. POSBAKUMADIN Kabupaten Tangerang.
  7. Lembaga Bantuan Hukum HD Indonesia Raya Tangerang.

Bertempat di lantai 5 (Lima) Kantor Pengadilan Negeri Tangerang ke 7 (Tujuh) OBH peserta seleksi hadir tepat waktu pada pukul 08.00 Wib.

Sekitar Pukul 09.30 Wib Panitia Seleksi yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tangerang Kelas IA Khusus Bapak Khamim Thohari, SH.M.Hum didampingi 7 (tujuh) panitia lainnya membuka acara sekaligus memberikan pengarahan bagi seluruh peserta seleksi.

Yang beruntung mendapat urutan pertama Fit and Proper Test adalah Yayasan Bantuan Hukum Sayap Bening, selanjutnya diikuti oleh seluruh peserta dan terakhir giliran Lembaga Bantuan Hukum HD Indonesia Raya Tangerang sebagai peserta terakhir.

Usai acara saat ditemui awak media Varia Advokat salah seorang Ketua OBH peserta seleksi Advokat H. Mukhlusin, SH. yang didampingi Sekretaris Advokat Pince Hariman, SH. dan Bendahara Advokat Sugiyanto, SH., MM. dari POSBAKUMADIN Kabupaten Tangerang menyampaikan “Sangat mengapresiasi kinerja dari Panitia seleksi yang sangat luar biasa, sehingga semua berjalan lancar, dengan harapan dalam proses seleksi ini siapapun pemenangnya dia adalah yang memang layak sesuai ketentuan bukan karena sesuatu“.

Sementara ditempat terpisah salah seorang peserta seleksi menyampaikan kepada awak media “Ini sangat keren proses seleksinya, semoga tetap bersih dan tidak terkontaminasi dengan kepentingan apapun agar yang keluar sebagai pemenang dialah yang punya kwalitas terbaik diantara yang baik sesuai Regulasi nya”.

Hasil dari rangkaian seleksi dan yang keluar sebagai pemenang akan diumumkan Panitia pada tanggal 23 Desember 2023 secara resmi kepada seluruh peserta. (VA-Putra Trisna)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *