Ketua Perkumpulan Advokat Indonesia (Peradin) Lombok Barat Menyesali Pernyataan Jubir Ikadin NTB yang Merendahkan Ketua Organisasi Advokat Lainnya

Mataram (VARIA ADVOKAT) 27 September 2021 – Dengan pernyataan Anggota IKADIN NTB, Advokat Hariadi Rahman,SH yang merendahkan kemampuan Ketua Organisasi Advokat lainnya dari Ketuanya usai menggelar MUSDA DPD IKADIN NTB pada Akhir Bulan lalu berbuntut panjang.

Sejumlah Advokat di Mataram mengecam pernyataan perwakilan IKADIN NTB aquo Advokat Hariadi Rahman usai MUSDA mengatakan “bahwa DR.Irfan Sudiarta,SH.MH bukan orang sembarangan. Dia memiliki kekuatan serta kemampuan melebihi rata-rata Ketua Organisasi Advokat lain-lainnya”.

Pernyataannya yang demikian itu membuat ketersinggungan Para Advokat Yunior maupun Senior yang tergabung dalam berbagai Organisasi Advokat (O.A) di NTB seperti halnya PERADIN (Perkumpulan Advokat Indonesia) Lombok Barat Advokat Senior Sudirman,SH.MH mengecam keras pernyataan koleganya tersebut..”Seperti dirinya merasa paling hebat menyanjung Ketuanya dengan merendahkan kemampuan Para Ketua Organisasi Advokat (O.A),” tandasnya di Mataram beberapa waktu lalu.

Advokat Senior ini merasa tidak habis pikir ucapan semacam itu keluar dari seorang Advokat. Harusnya sesama Advokat saling mengahargai, ”boleh menyanjung ketua-nya setinggi langit tapi jangan merendahkan kemampuan Ketua Organisasi Advokat (O.A)” ujarnya dengan nada sinis.

Advokat Senior Sudirman,SH.MH bahwa pernyataan juru bicara IKADIN NTB tersebut sangat keliru dan seakan-akan dia tidak memahami etika aquo sehingga banyak kekecewaan Para Advokat Senior yang geram dengan pernyatan yang demikian itu juga sangat menyesatkan bagi Para Advokat Yunior

Kalimat seperti itu Kok bisa muncul dan dipublis ” Siapapun boleh membanggakan seseorang yang difigurkan tetapi jangan merendahkan kemampuan Ketua Organisasi Advokat (O.A) lainnya karena Organisasi Advokat bukan IKADIN saja tetapi masih banyak Organisasi Advokat (O.A) lain-lainnya.

Advokat Senior Sudirman,SH.MH selama menjadi tidak pernah mendengar seorang Advokat berbicara menyinggung Ketua Organisasi Organisasi Advokat. Pertama kali ini ada statemen semacam itu dari mulut seorang Advokat.

Organisasi advokat adalah organisasi profesi yang saling menghargai satu sama lain, oleh karena itu jika membuat pernyataan apalagi dipublis, haruslah bijak berkomentar, dan jangan menyinggung perasaan serta keberadaan Organisasi Advokat (O.A) lainnya demikian penuturannya pada Varia Advokat.

Pernyataan juru bicara IKADIN itu sudah menyalahi Etika Berorganisasi. Meski dalam pembelaannya, Ketua IKADIN NTB mengaku tidak mengetahuinya, namun dalam aturan itu menjadi tanggung-jawab Organisasi dalam hal ini selaku Ketua.

“Intinya, jika memang Ketua IKADIN NTB terpilih itu memiliki kekuatan di atas rata-rata Ketua Organisasi Advokat (O.A) lainnya, berarti Para Ketua Organisasi Advokat (O.A) lainnya tidak dianggap apa, demikian simpul Kata dari Advokat Senior Sudirman,SH.MH dengan nada Tinggi. (VA – RedPel)

One Comment on “Ketua Perkumpulan Advokat Indonesia (Peradin) Lombok Barat Menyesali Pernyataan Jubir Ikadin NTB yang Merendahkan Ketua Organisasi Advokat Lainnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *