YANBANKUM GRATIS : pada RUTAN KELAS II B SOE menjalin kerjasama dengan POSBAKUMADIN

Soe (Varia Advokat), 13 Februari 2023 – Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN SOE) menjalin kerjasama dengan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Soe. Kesepakatan Kerja sama yang berlangsung di aula Rutan Soe tersebut tercapai dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandangani oleh Kepala Rutan (Karutan) Soe Bapak Nixon G. L. Osingmahi dan Ketua POSBAKUMADIN SOE Advokat Nikolaus Toislaka, SH.

Nixon G. L. Osingmahi menyampaikan kerjasama ini dilakukan untuk memenuhi hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam memperoleh Bantuan Hukum serta memberikan kepastian hukum bagi WBP dalam menjalani proses hukumnya sesuai amanat Undang – Undang Pemasyarakatan.

Sebagai mitra, kehadiran POSBAKUMADIN Soe sangat membantu kami dalam memberikan layanan bantuan hukum dan kepastian hukum bagi WBP”. Ujar Nixon.

Selanjutnya Nixon juga menjelaskan kerjasama ini merupakan solusi yang baik untuk memenuhi hak bantuan hukum tersebut sehingga dalam menjalani proses hukumnya nanti tidak berjalan sendiri. Ia juga menjelaskan kerjasama tersebut untuk memberikan layanan bantuan hukum secara Cuma – Cuma, dimana Sebagian besar WBP Rutan Soe yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu.

Terima Kasih POSBAKUMADIN Soe yang sudah mau bekerja sama dengan kami, harapannya kerja sama ini terus terjalin untuk memastikan proses hukum bagai tahanan kurang mampu mulai dari proses penyidikan, penuntutan, peradilan, banding, bahkan kasasi berjalan dengan baik”. Tandasnya.

Sementara itu diakhir Acara Ketua POSBAKUMADIN Soe, Advokat Nikolaus Toislaka, SH menyampaikan sebagai Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang telah terakreditasi, POSBAKUMADIN Soe memiliki kewajiban memberi bantuan hukum secara cuma-cuma kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Timor Tengah Selatan sebagaimana merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Sebagai pemberi layanan, Rutan Soe merupakan salah satu wilayah kerja kami di Kabupaten Timor Tengah Selatan, maka akan lebih bagus dan terhormat lagi jika ada masukan berupa kritik dan saran yang bersifat membangun dalam kami melaksanakan kegiatan ini” Ujarnya. (NT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *