Kolaborasi BPHN dan POSBAKUMADIN Sampang, Bentuk Kepedulian Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Anak Muda

Sampang (Varia Advokat), 20 Maret 2023 – BPHN Mengasuh Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) SAMPANG Berkomitmen Membangun Kesadaran Hukum terhadap Siswa Secara Utuh dan Tepat 20 Maret 2023.

Maraknya tindak pidana yang terjadi di kalangan remaja saat ini terlebih berstatus sebagai pelajar/siswa, Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) menginstuksikan kepada Organisasi Bantuan Hukum (OBH) seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan program kegiatan“ BPHN Mengasuh” kepada seluruh Lembaga Pendidikan ditingkat Dasar, Menengah Pertama, dan Menengah atas melalui pemberian pemahaman hukum dengan materi khusus Hukum dan Pancasila sebagai upaya pencegahan terjadinya tindak pidana tersebut. Tutur Ketua POSBAKUMADIN SAMPANG, Advokat MOH.Barokah, SH.

Hal ini sangat disambut baik oleh OBH di Sampang salah satunya Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) Sampang, sehingga dengan adanya “BPHN Mengasuh” ini sangatlah membantu meminimalisir anak yang berhadapan dengan hukum (ABH).

“Senada dengan Advokat Agus Adi Susanto, SH. Selaku Pembina POSBAKUMADIN Sampang memaparkan bahwa dengan adanya “BPHN Mengasuh” merupakan program dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) yang sangat positif, hal ini dilakukan sebagai respon dari maraknya tindak pidana yang terjadi di kalangan remaja khususnya ditingkat Dasar, Menengah Pertama, dan Menengah, sehingga dengan adanya “BPHN Mengasuh” ini diharapkan bisa membangun Kesadaran Hukum Siswa secara utuh dan tepat.

Budi santoso, S.Pd. MM. ,selaku kepala sekolah SMP NEGERI 1 BANYUATES telah menyambut baik adanya kegiatan BPHN mengasuh, kegiatan ini sangat membantu siswa dan siswi kami dan juga sebagai bentuk respon pemerintah atas maraknya kasus anak berhadapan dengan hukum, kami ucapkan Terima kasih kepada POSBAKUMADIN SAMPANG yang sudahmembantu kami dan lingkungan dalam melek hukum / mencerdaskan anak didik kami, terimakasih POSBAKUMADIN SAMPANG, Tuturnya.

Sebagai informasi, kurun waktu 2020 – 2022, tercatat kasus Anak Berhadapan dengan Hukum berjumlah 2.338 Anak Pelaku yang terdiri dari laki-laki sebanyak 2.271 anak dan perempuan sebanyak 67 anak yang ditangani oleh BPHN melalui 619 OBH yang terakreditasi oleh BPHN. Adapun tiga kasus teratas yang banyak melibatkan Anak Berhadapan dengan Hukum, terkait dengan pencurian 838 kasus, penyalahgunaan arkotika 341 kasus, dan kasus lain-lain semisal pornografi, perundungan, hingga kecelakaan lalu lintas.

Program pembekalan dan pembinaan kepada anak usia remaja rutin dilakukan oleh BPHN melalui para pejabat Fungsional Penyuluh Hukum ditambah ribuan advokat dan Paralegal yang tergabung dalam OBH yang terakreditasi BPHN periode 2022-2024 akan berkolaborasi dalam program ini. Posbakumadin Sampang berkometmen dan mendukung program ini, sesuai dengan jadwal secara serentak dan terpadu, mulai 20 Maret sampai 14 April 2023 yang dilaksanakan di SMP NEGERI 1 BANYUATES serta berlanjut pada hari-hari berikutnya.“ Ujar Ketua Posbakumadin Sampang”. (VA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *