LUHKUMTAK Bersama POSBAKUMADIN PROBOLINGGO dan POSBAKUMADIN Kraksaan Dalam Rangka Peringatan HDKD Ke-78 di Kecamatan Maron

Kabupaten Probolinggo (Varia Advokat), 02 Agustus 2023 – Pada hari ini Rabu, tanggal 02 Agustus 2023 bertempat di Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo-Jawa Timur terlaksana agenda Penyuluhan Hukum Serentak (LUHKUMTAK) untuk mensosialisasikan KUHP Nomor 1 tahun 2023.

Sambutan Pertama oleh Camat Maron yaitu Bapak Hari Kriswanto, S.Sos., menyampaikan rasa bangga dan bersyukur karena Kecamatan Maron terpilih sebagai tempat untuk sosialisasi dari para Narasumber yaitu Kepala Rutan Kraksaan dan Pembina POSBAKUMADIN Probolinggo maupun Kraksaan yang jauh-jauh datang dari Jakarta guna memberikan pemahaman tentang KUHP yang baru dan perlunya pendampingan hukum bagi semua masyarakat.

Dan Sambutan kedua disampaikan oleh Pembina POSBAKUMADIN Probolinggo dan POSBAKUMADIN Kraksaan yaitu Advokat Erlin Cahaya S, SH.MH., menyampaikan bahwa pengetahuan tentang hukum yang ada dan berlaku di Indonesia harus terus ditingkatkan dan bisa dipelajari oleh semua orang, sehingga dalam implementasi nya semua warga negara Indonesia dapat memahami bagaimana hukum itu dapat terus ditegakkan sehingga akses keadilan dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat sebagai warga negara Indonesia.

Hadir sebagai Narasumber LUHKUMTAK di Kecamatan Maron ini adalah Kepala Rutan Kraksaan yaitu Bapak Alzuarman AMD.IP.SH.MH., juga menyampaikan bahwa perlunya KUHP yang baru ini disosialisasikan sejak dini mengingat banyak sekali elemen-elemen yang ada di dalam masyarakat yang harus disesuaikan dan dipahami bersama mengingat norma-norma yang ada sehingga menjadi paradigma baru dimana pasti ada pro dan kontra.

Untuk itulah dengan bersinerginya para APH, aparatur pemerintahan mulai dari tingkat bawah sampai atas, termasuk instansi Rutan dan Lapas seyogyanya terjalin Harmonisasi yang baik supaya apa yang dituangkan dalam KUHP Undang-Undang Nomor 1 tahun 2023 ini menjadi payung hukum produk negara kita sendiri dan bukan lagi peninggalan jaman Belanda.

Dengan hadirnya kurang lebih 50 peserta yaitu terdiri dari semua Kepala Desa yang ada di Kecamatan Maron, RT, RW, TOGA & TOMAS, yang semuanya bersentuhan langsung dengan masyarakat mulai dari yang kaum termarginal sampai dengan yang mampu ini, diharapkan dapat meneruskan kepada semua warganya dan menjadi ujung tombak suksesnya kesadaran tentang hukum guna mewujudkan Desa Sadar Hukum sebagai cerminan bahwa masyarakat sudah patuh dan tertib akan hukum yang berlaku di Indonesia ini.

Bahkan saat dibuka sesi tanya jawab, banyak sekali peserta yang bertanya tentang kasus-kasus yang berkaitan dengan pidana, perdata, bahkan TUN. Tampak suasana Penyuluhan Hukum menjadi hidup karena pertanyaan yang diajukan itu adalah kejadian nyata dan realita yang dialami dalam kehidupan sehari-hari, tidak pandang dari kaum lapisan masyarakat manapun juga semuanya rata-rata punya permasalahan hukum dengan penanganan yang berbeda-beda melihat jenis dan kasuistis yang terjadi.

Demikian juga saat Ketua POSBAKUMADIN Probolinggo, Advokat Ervina Wijayati SH.,menyampaikan pengalamannya mendampingi perkara judi online dan pengalaman Ketua POSBAKUMADIN Kraksaan, Advokat Samiran SH., saat mendampingi perkara tindak pidana korupsi selama ini.

Banyak hal baru yang didapatkan dari agenda Penyuluhan Hukum Serentak ini, dan tampak hadir Advokat Atika SH., sebagai MC menyampaikan bahwa tidak ada manusia yang kebal hukum, dan Paralegal Ferdian Ade Putra Pamungkas juga telah memberikan nomor kontak yang bisa dihubungi apabila hendak berkonsultasi hukum secara GRATIS tanpa dipungut biaya sepeserpun juga. Tak lupa team dokumentasi yaitu Paralegal Rico bersemangat sekali menyukseskan agenda LUHKUMTAK ini dari awal sampai akhirnya.

Demikianlah acara LUHKUMTAK hari ini berjalan sukses, meriah, serius dan sangat bermakna sehingga menjadi agenda yang dapat bermanfaat bagi semua pihak. Tidak ada yang sempurna didunia ini, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Kuasa saja, namun bila Gajah mati meninggalkan gadingnya demikian pula kita sebagai manusia bila mati meninggalkan nama nya saja, hendaklah selama kita hidup didunia ini kita semua dapat menjadi manusia yang baik, yang berdampak dan bermanfaat bagi sesama, agama, nusa dan bangsa. Untuk itu tetaplah semangat untuk tetap menjadi baik dan terus berbuat baik. (ECS)

Salam POSBAKUMADIN “Anti Pembohongan dan Pembodohan Hukum

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *