PERADIN Menggelar DIKPANAS 2022 Untuk Meningkatkan Mutu dan Kemampuan Calon Advokat

Jakarta (Varia Advokat), 16 Juni 2022 – Pendidikan Khusus Profesi Advokat Nasional (DIKPANAS) Perkumpulan Advokat Indonesia (PERADIN) Tahun 2022 kembali menyelenggarakan DIKPANAS Online Class (Aplikasi Zoom) diikuti oleh seluruh peserta dari DPW PERADIN yang tersebar di seluruh Nusantara. Dengan terselenggaranya DIKPANAS ini Ketua Umum PERADIN yaitu Advokat Ropaun Rambe berharap menghasilkan Advokat yang mandiri, bertanggung jawab, dan berintegritas dan mampu dalam menegakkan hukum di Indonesia.

Materi pertama di Hari Jum’at yang mengupas tentang “Teknik Praktek Advokat” yang disampaikan langsung oleh Ketua Umum DPP PERADIN Advokat Ropaun Rambe, yang dalam pemaparannya memberikan nasihat di antaranya “Jadilah Advokat yang dapat Membangun Profesinya dan Bermartabat, bukan Advokat Abal-abal/Kaleng-kaleng”.

Selanjutnya di sesi Kedua yaitu Materi “Due Diligence” yang disampaikan Advokat Basuki, SH.MM.MH dalam paparannya dimana dalam sebuah kasus sebelum menangani harus mempersiapkan “ Persiapan Uji Tuntas” dan “Tahapan Uji Tuntas” untuk memastikan kebenaran semua materi yang dilaporkan calon Klien (Kasus Perkara).

Acara diakhiri Pukul 14.30 WIB dan Akan di lanjutkan Pada hari Sabtu, 16 Juli 2022 dengan Materi Pokok Bahasan Implementasi Hukum Perdata dan Implementasi Hukum Pidana.

Pendidikan Khusus Profesi Advokat ini sebagaimana dimaksud dalam UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat) secara implisit merupakan suatu bentuk Pendidikan yang harus diikuti oleh seseorang yang berijazah sarjana berlatar belakang Pendidikan Tinggi Hukum.

Konsepsi ini pada dasarnya sejalan dengan ketentuan mengenai pendidikan profesi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas), meskipun UU Sisdiknas sendiri lahir empat bulan setelah UU Advokat. (Redaksi)

Baca Juga

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *